Tipe Lantai Kayu Solid Penggunaan Dan Penempatannya Yang Sesuai

Lantai kayu adalah suatu material penutup permukaan lantai yang dibuat dari bahan dasar kayu, Lantai kayu yang sepenuhnya terbuat dari kayu disebut dengan tipe lantai kayu solid, tetapi ada juga Lantai kayu jenis lain yang tidak terbuat dari bahan dasar kayu melainkan campuran material lain yaitu Lantai kayu vinyl dan Lantai Kayu Laminated.

Harga jual lantai kayu dari masing-masing jenis pun berbeda-beda, mulai dari lantai kayu murah sampai yang mahal dan diantara ketiga jenis lantai kayu yang termurah adalah lantai kayu vinyl tetapi tentu saja kekuatannya kurang bagus bila dibandingkan dengan tipe lantai kayu solid.

Penggunaan Dan Penempatan Tipe Lantai Kayu Solid

Di indonesia sendiri tren Pemasangan lantai kayu sekarang sudah mulai populer, konsumennya pun beragam bukan hanya dari kalangan atas, tetapi kalangan menengah pun mulai memilih lantai kayu. itu dikarenakan dengan menggunakan lantai kayu maka nilai estetis sebuah bangunan atau rumah akan lebih kentara, rumah akan terkesan mewah dan elegan, selain itu Lantai Kayu juga bermanfaat untuk menjadikan suhu ruangan lebih hangat, oleh karena itu banyak masyarakat yang mulai beralih dari lantai keramik ke Lantai Kayu. Berikut ini adalah penjelasan tentang tipe lantai kayu solid berdasarkan penempatannya :

1. Flooring kayu

Jenis ini banyak digunakan untuk bagian dalam ruangan atau indoor, memilki permukaan yang halus. Didesain untuk menutupi lantai secara sempurna menggantikan keramik atau marmer. Flooring kayu bersifat lebih hangat karena memilki karakter dari kayu yang notabennya bisa menyerap panas dan menyimpannya untuk sementara waktu.

2. Lumbershiring atau Plafond Kayu

jenis ini berfungsi untuk menutupi bagian langit-langit pada sebuah bangunan atau bagian antara lantai dan atap. Lumbershiring berbentuk persegi panjang, jenis kayu yang dipakai sebagai bahan dasar biasanya adalah Kayu jati, kayu keruing, kayu agathis, kayu mumala, dan kayu bengkirai.

3. Lantai Kayu Parquet

Jenis ini biasanya digunakan untuk bagian indoor atau bagian dalam ruangan, berbentuk lempengan seperti papan dengan ukuran persegi panjang kecil. kayu yang digunakan biasanya dalah kayu jati, kayu bengkirai, kayu sonokeling dan kayu merbau. kelebihan lantai kayu parquet adalah jika permukaan lantai sudah mulai terlihat pudar, dapat diperbaharui tanpa perlu dibongkar cukup dengan dicat ulang maka warna akan kembali cerah.

4. Papan Tangga kayu

Papan tangga kayu adalah material yang digunakan untuk pijakan tangga, berbentuk lempengan papan biasanya terbuat dari kayu jati atau kayu merbau. Papan tangga kayu dapat diaplikasikan untuk tangga laying maupun tangga yang dibuat dengan proses pengecoran terlebih dahulu.

5. Decking Kayu.

Decking adalah jenis lantai kayu yang biasanya diaplikasikan untuk bagian luar bangunan, contohnya seperti pinggiran kolam renang, pijakan taman, pagar bahkan tembok pun bisa dipasang decking. ukurannya pun biasanya lebih besar dan panjang dibanding dengan parquet dan flooring namun itu juga bisa dipotong dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Keunggulan Tipe Lantai Kayu Solid

Lantai kayu solid juga memiliki keunggulan yang tidak dimiliki oleh jenis lantai kayu atau material penutup lantai yang lain. dari sekian banyaknya Keuntungan Memakai Lantai Kayu, salah satunya adalah bermanfaat bagi kesehatan karena sifat alami kayu yang dapat menyerap panas dan menyimpannya untuk sementara waktu sehingga penghuni rumah akan merasakan hangat dan ini sangat berguna untuk menghindarkan dari penyakit rematik.

Demikianlah ulasan yang kami sampaikan mengenai tipe lantai kayu solid yang bisa kai sampaikan. Semoga dapat menambah refeerensi anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *