Langkah Dan Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu Untuk Ruangan

Apakah anda masih bingung menentukan jumlah lantai kayu yang anda butuhkan pada ruangan Anda? Kami disini akan berbagi cara bagaimana menghitung kebutuhan lantai kayu ruangan Anda . Sebelumnya akan lebih baik bila Anda mengerti terlebih dahulu apa persiapan yang dibutuhkan sebelum pemasangan lantai kayu. Atau Anda dapat melewatinya bila telah mengerti apa yang perlu anda ketahui sebelum menggunakan lantai kayu solid.

Lantai sebagai dasar-an peletakan atau pemasangan lantai perlu diperhatikan dengan baik jikalau memang ingin menggunakan lantai berbahan kayu solid ini. Pada ruangan yang baru bisa memakai aci-an atau multiplek dan pastikan dengan benar tukang Anda dapat mengerjakannya dengan baik yaitu dalam keadaan permukaan yang rata. Dan untuk ruangan lama ada berbagai cara tergantung dengan lantai apa yang sebelumnya Anda gunakan.

Manfaat Menhitung Kebutuhan Lantai Kayu

Apa anda punya rencana merenovasi rumah anda? Atau sekedar hendak merubah interior ruangan supaya tampak lebih fresh menggunakan lantai kayu ? Tapi anda tidak tau berapa banyak kebutuhan untuk lantai kayu dalam ruangan yang akan dilakukan renovasi. Anda ingin tahu? dalam artikel ini kami akan memberi informasi tentang bagaimana cara dalam menghitung kebutuhan lantai kayu.

Dalam mengecek apa saja dan berapa banyak material dalam merenovasi ruangan merupakan hal penting, agar anggaran yang sudah kita siapkan tidak over budget. Hal ini berlaku juga untuk lantai kayu. Disamping itu untuk mengetahui cara menghitung kebutuhan lantai kayu dapat bermanfaat agar terjadi perhitungan yang sama mengenai kebutuhan lantai kayu dengan toko penjualnya.

Cara Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu

Sebenarnya untuk menghitung kebutuhan lantai kayu ini sangat lah mudah, akan tetapi jika salah dalam menghitung ini akan merepotkan Anda nantinya ataupun bila berlebihan maka Anda membuang budget yang seharusnya bisa di alokasikan ke lainnya.

Penghitungan kebutuhan lantai kayu adalah panjang ruangan x lebar ruangan = luas ruangan m2. Double check untuk panjang dan lebar ruangan Anda dengan pekerja Anda untuk hasil yang lebih meyakinkan.

Contoh Menghitung Kebutuhan Lantai Kayu

Dalam proses penghitungan luas penutup untuk lantai dengan lantai kayu caranya berbeda dengan keramik yang bentuknya persegi sebab lantai kayu bentuknya panel memanjang. Supaya tidak salah, maka anda pelajari lebih  dulu cara menghitungnya sebab biasanya lantai kayu itu tidak dijual di satuan meter persegi tetapi per box. Diperlukan kelebihan atau waste sebesar kurang lebih 10% karena dalam pemasangan akan ada buangan untuk penyesuaian dengan ukuran ruangan serta pola pasang lantai.

Ini ada salah satu contoh perhitungan kebutuhan lantai kayu bagi ruangan dengan ukurannya 3 x 4,4 m2 memakai Lantai Kayu Parquet.

  • Lantai Kayu Muller per panelnya memiiki ukuran 1215 x 195 x 8 mm serta dalam 1 box ada 8 panel yang setara ukurannya sebesar 1.8954 m2.
  • Ukuran ruangan sebesar 3 m x 4,4 m atau luas = 13,2 m2.
  • Jumlah kebutuhan material lantai kayunya adalah sbb:
  • Kebutuhan Material Lantai Kayu = (Luas ruangan / 1.8954 m2) + 10%

= (13,2 m2 / 1.8954 m2) + 10%
= 6.96 box + 10 %
= 7.6 box dibulatkan menjadi 8 box.

Formulasi diatas hanyalah sebuah panduan singkat untuk menghitung secara kasar. Untuk lebih detail-nya tentu saja tergantung dari bentuk ruangan anda, jumlah dan ukuran pintu dan faktor lain yang ada.

Demikianlah informasi mengenai cara menghitung kebutuhan lantai kayu pada seuah ruangan. Semoga dengan informasi yang kami sampaikan ini bisa menambah wawasan pengetahuan anda tentang bagaimana menghitung kebutuhan lantai kayu. Jika anda ingin melakukan pemesanan lantai kayu yang berkualitas percayakan kepada Mandiri Parket. Kami siap melayani anda.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *