Cara Merawat Lantai Kayu Agar Awet Dan Tahan Lama

Saat ruangan dalam rumah anda memakai lantai kayu akan memberikan kesan yang alami, sejuk, dan asri. Namun anda perlu tahu bahwa dalam membersihkan lantai kayu pasti akan berbeda caranya dengan lantai granit atau keramik. Cara merawat lantai kayu sedikit lebih susah dibandingkan dengan lantai pada umumnya. Sedikit saja salah melakukan perawatan, maka lantai kayu jadi mudah keropos, kusam, dan rusak.

Terdapat kerja keras dibelakangnya yang harus dibayar agar membuahkan hasil. Begitupun berlaku udalam cara merawat lantai kayu. Selain kecantikannya, ternyata lantai kayu butuh perawatan yang khusus supaya tampilannya bersih tanpa ada jamur juga noda. Lantai kayu bersifat mudah lembab dan menyerap air jadi debu dan kotoran susah dibersihkan. Ada berbagai  hal yang menyebabkan jenis lantai kayu ini rusak diantaranya adalah membersihkan dan merawat lantai yang salah, cuaca, aktivitas-aktivitas yang dilakukan, dll.

Cara Merawat Lantai Kayu Dengan Mudah

Ternyata cara merawat lantai kayu itu berbeda beda tergantung dengan jenisnya. Dalam merawat lantai kayu solid tentu akan berbeda dengan cara merawat lantai kayu parket. Berikut ini langkah mudah dalam merawat lantai kayu:

1. Sapu lantai secara rutin

Anda harus membiasakan untuk menyapu lantai parket dengan rutin setiap hari supaya debu nantinya tidak bertumpuk di permukaan parket. Gunakan sapu dengan bulu lembut atau vacuum cleaner dalam membersihkan. Kemudian gunakan lap kering untuk mengangkat sisa debu karena debu atau pasir yang terbawa oleh sepatu atau kaki anda di atas lantai kayu jika tidak di sapu bisa meninggalkan goresan pada finishing dalam lantai kayu.

2. Bersihkan Lantai Degan Lap Kering

Ketika lantai kayu parket anda terkena noda bekas minuman atau makanan, segera bersihkan dengan lap kering atau tisu.

Tapi jika noda yang tertempel itu noda yang membandel, anda bisa manfaatkan air perasan dari jeruk lemon ataupun belimbing wuluh dalam membersihkannya. Langkah lain, berilah cuka putih lantai yang terkenan noda, diamkan empat menit lalu bersihkan dengan lap kering.

Dari ketiga bahan alami yang ada diatas bukan hanya dapat mengangkat noda pada lantai kayu parketanda, tapi menjadikannya berkilau kembali.

3. Hati Hati Memindahkan Furniture

Supaya tidak terjadi goresan ataupun cacat di permukaan lantai, harus berhati-hati saat memindahkan barang. Akan lebih baik bila barang diangkat kemudian alas furnitur itu dilapisi karet supaya tidak akan menimbulkan bekas goresan di lantai juga supaya finishing bisa awet. Lepaskan alas kaki seperti sandal , sepatu yang sering digunakan di luar rumah. Gunakan alas kaki sandal yang khusus untuk di sekitar dalam rumah. Karena biasanya kalau sandal dari luar rumah akan membawa debu / pasir yang bisa membuar goresan di lantai anda.

4. Hindari kelembapan

Musuh ‘bebuyutan’ kayu adalah kelembapan. Oleh karena itu jangan pernah anda membersihkan lantai kayu dengan mengepelnya, tapi cukup disapu. Ini karena genangan air yang disebabkan oleh proses mengepel bisa mengendap di lapisan plywood yang berujung pada pelapukan.

Bukan hanya itu, kelembapan bisa juga mengakibatkan lapisan bagian atas parket terkelupas daan perbedaan tekanan  drastis. Imbasnya sendi-sendi parket bisa lepas dan menyebabkan lantai berdecit saat diinjak.

Kendati di pasaran telah tersedia produk pembersih lantai kayu parket yang menjanjikan tahan gores dan tahan air, sebaiknya tetap hindari penggunaan produk tersebut demi menjaga keawetannya.

Cara lain dalam menghindari kelembapan lantai parket yakni dengan menggunakan bahan kimia yang anti rayap. Cara pemakaiannya dengan disuntik pada beberapa potongan kayunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *